• Acquiring New Users

(Blog in Bahasa) Temukan Strategi Remarketing yang Memperkuat Pengalaman dan Loyalitas Konsumen

Team InMobi
Team InMobi
5 min read
Posted on September 10, 2020
(Blog in Bahasa) Temukan Strategi Remarketing yang Memperkuat Pengalaman dan Loyalitas Konsumen

InMobi, bekerjasama dengan Branch, menyelenggarakan sesi webinar tentang pentingnya remarketing untuk brand. Remarketing bermanfaat dikarenakan dapat membangun hubungan nyata antara brand dengan konsumen, dan mendorong loyalitas kepada brand dalam waktu jangka panjang. Eric Stein, EVP & GM, Branch dan Srinivas KC, VP & GM Advertiser Platforms, InMobi membagikan wawasan mereka tentang strategi remarketing di webinar ini. Berikut adalah gambaran singkat tentang detail diskusi mereka:

Remarketing: Rahasia untuk Berhubungan Kembali dengan Konsumen yang Memiliki Ketertarikan Tinggi Terhadap Brand

Dengan adanya COVID-19 yang menyebabkan pergeseran seismik dalam cara konsumen dan brand berinteraksi, saat ini audience lebih banyak menggunakan mobile phone mereka dari sebelumnya.

Maka, brand terus mengevaluasi bagaimana mereka dapat mendorong nilai maksimum terhadap konsumen mereka, dan melalui cara remarketing lah brand menyambut baik strategi pemasaran tersebut. Pengiklan sangat paham dengan risiko penurunan di setiap tahap perjalanan pelanggan; Remarketing membantu memulai kembali interaksi brand dengan konsumen, dimana mereka secara kontekstual dan juga manfaat, sehingga menjadikan remarketing menjadi permainan andalan bagi marketers saat ini.

Remarketing menggabungkan jangkauan relevansi bersekala tinggi dengan komunikasi dan juga personalisasi, seringa memungkinkan pengiklan dapat mendorong konsumen ke langkah selanjutnya dari perjalanan mereka di mobile. Kampanye remarketing yang bernuansa dapat membantu pengiklan mencapai tiga hasil utama:

  1. Aktivasi: Mendorong konsumen ke langkah selanjutannya dalam proses pembelian
  2. Retargeting: Cross-sell melalui afinitas produk dan search sciences
  3. Re-engagement: Mendapatkan pengguna aktif untuk menyelesaikan pembelian dan mendorong pendapatan tambahan

Pendekatan Komprehensif untuk Remarketing

Dalam mencapai hasil yang optimal, saat meluncurkan kampanye remarketing harus menggunakan pendekatan komprehensif yang terencana dengan baik adalah suatu keharusan. Kampanye remarketing yang berpengaruh dibuat berdasarkan 3 faktor utama: Custom Audiences, Creative Optimization, dan Smart Bidding.

1. Membangun Custom Audiences secara Real-Time

Pilar utama untuk memastikan keberhasilan kampanye remarketing adalah menentukan dan mengatur kelompok konsumen secara real-time di dalam aplikasi (in-app), aktivitas terkini, dan atribut yang dipersonalisasi. Pengiklan harus memanfaatkan strategi berikut untuk mengkurasi kelompok dan:

  1. Melacak konversi di seluruh channel saat konsumen mengubah status di channel yang berbeda
  2. Melacak dan segmentasi konsumen yang tidak aktif di setiap channel
  3. Tentukan strategi kampanye remarketing untuk kelompok pengguna individu untuk memaksimalkan transaksi.

2. Pengoptimalan Kreatif untuk Jangkauan yang Lebih Tinggi

Menyesuaikan komunikasi kreatif untuk menciptakan pengalaman yang kaya dan menarik, termasuk penggunaan format iklan yang dipersonalisasi dan interaktif, membantu menjangkau konsumen yang memiliki niat tinggi, mendorong tingkat keterlibatan yang lebih baik, dan konversi yang lebih tinggi.

3. Strategi Smart Bidding yang Mengoptimalkan Pembelanjaan Iklan

Penawaran yang diubah secara dinamis didasarkan pada berbagai atribut yang memungkinkan prediksi iklan yang lebih baik. Hal ini memastikan bahwa belanja iklan dialokasikan pada kecenderungan kebutuhan konsumen untuk bertransaksi, membantu pengiklan bergerak mengoptimalisasikan iklan dengan CTR.

Membangun Seamless User Experiences di Mobile

Pernah bertanya-tanya betapa sulitnya membangun pengalaman pengguna tanpa gangguan yang memenuhi harapan konsumen? Seringkali beberapa faktor kompatibilitas seperti sistem operasi, perangkat, platform (aplikasi, browser web) yang dapat membuat atau menghilangkan minat, saat pengalaman akhir konsumen saat mereka bergerak di berbagai tahapan customer funnel. Taktik deep linking yang tepat dapat membantu menghilangkan kerumitan ini dalam perjalanan konsumen, sehingga dapat menawarkan pengalaman akhir yang menyenangkan ke mereka.

Misalkan konsumen melihat iklan dan ingin membeli produk. Setelah mengklik iklan yang tidak memiliki deep link, mereka akan diarahkan ke Appstore atau Play Store tempat mereka harus mendownload aplikasi terlebih dahulu. Dengan asumsi tidak ada gangguan, mereka kemudian harus mendaftar di aplikasi. Setelah mendaftar, mereka dapat membuka aplikasi. Pengguna tidak akan membuka halaman yang benar kecuali mereka memutuskan untuk mencarinya secara manual dari layar aplikasi utama. Dengan rentang perhatian yang lebih pendek, konsumen modern mengharapkan transaksi terjadi dalam satu klik. Dunia tanpa deep link meninggalkan terlalu banyak tanggung jawab pada konsumen untuk mengambil tindakan yang benar, menyangkal pengguna dari seamless experience.

Gambar 1 Alur tanpa Konfigurasi Deep Link

Deep link memastikan pengalaman konsumen yang mulus bagi pengguna aplikasi Anda. Dengan tautan dalam, konsumen diperlihatkan dengan tepat apa yang mereka cari hanya dalam satu kali ketukan.

Gambar 2 Alur dengan Konfigurasi Deep Link

Iklan remarketing menunjukkan hasil terbaik saat iklan mengarahkan pengguna ke halaman halaman yang mereka diinginkan. Deep link memungkinkan marketers untuk mencegah penurunan dan pembatalan konsumen untuk melakukan transaksi, dan pada akhirnya meningkatkan loyalitas konsumen dan menghasilkan konversi yang lebih tinggi.

Daftar Remarketing Checklist untuk Marketers

Pastikan keberhasilan kampanye remarketing Anda dengan mencentang poin-poin berikut dari daftar checklist Anda:

  1. Manfaatkan data pihak pertama, kedua, dan ketiga untuk segmentasi audiens
  2. Mengoptimalkan tawaran untuk pengguna keterlibatan tinggi / LTV users
  3. Personalisasi iklan berdasarkan minat dan perilaku konsumen
  4. Memfasilitasi konversi yang lebih tinggi dengan dukungan deep linking
  5. Memanfaatkan penargetan lintas perangkat

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana pemasaran ulang dapat membantu brand dan marketers membuat yang terbaik dari kampanye mereka, tonton webinar sesuai permintaan di sini.

Stay Up to Date

Register to our blog updates newsletter to receive the latest content in your inbox.